Sudah dibaca 2090 kali

Hidangan

Melihat masakan Betawi ini, selera makan kita akan bertambah besar.

Kalau Anda pengin makan masakan Betawi yang enak dan lezat, cobalah sambangi rumah makan H. Abu. Rumah makan yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun ini berada di pinggir Jalan Swadaya Raya, sekitar 200 meter dari kantor camat Duren Sawit, Jakarta Timur.

Di warung ini, Anda bisa memilih beragam jenis masakan khas Betawi, mulai dari gabus pucung, pecak ikan mas, hingga sayur asem. Semuanya dijamin enak sebab makanan diolah secara rumahan.

Saat datang kemari, saya memilih makanan yang jarang ditemui yaitu gabus pucung. Porsinya lumayan besar. Makan ikan gabus sejenak melambungkan ingatan saya waktu kecil senang mencari ikan gabus di sawah dan selokan Kompleks IKIP. Namun gabus yang saya makan itu jauh lebih besar dari gabus yang pernah saya tangkap.

Gabus Pucung

Gabus Pucung yang lezat

Gabus pucung ini rasanya gurih dan agak pedas. Porsinya yang agak besar membuat saya puas menikmati dagingnya yang lembut. Tak seperti ikan mas yang banyak durinya, ikan gabus tak banyak berduri.

Agar badan segar, saya memilih sayur asem. Berbeda dengan warung betawi lain, sayur asem warung H. Abu begitu lengkap porsinya; melinjo, daun melinjo, kacang tanah, kacang panjang, dan jagung. Rasa pedas yang menjadi khas masakan Betawi juga begitu terasa, terlebih ditimpali airnya yang masih panas. Segar!

Warung

Sayur-mayur sebagai pelengkap makanan juga begitu lengkap dihidangkan. Ada daun poh-pohan, selada, kemangi, terong, dan mentimun. Nafsu makan saya makin bertambah-tambah dibuatnya.

Untuk satu porsi gabus pucung, kita cukup membayar Rp35 ribu. Sayur ayem dibandrol Rp7 ribu. Sedangkan pecak ikan mas Rp25 ribu. Lumayan terjangkau, bukan?

Jadi, buat Anda yang senang masakan Betawi, warung makan H. Abu cukup rekomendatif untuk memuaskan selera Anda. Selamat makan!

Menu

Menu