Sudah dibaca 7 kali

Sampul GLS 2017

Judul     : Gerakan Literasi Sekolah, Dari Pucuk Hingga Akar; Sebuah Refleksi

Terbit    : Oktober 2017

Penerbit: Ditjen Dikdasmen Kemendikbud

Hal.        : 204 hal + x

Buku ini mengangkat “dapur” Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud dalam merencanakan, menyiapkan, dan meluncurkan program Gerakan Literasi Sekolah. Tokoh utama yang disorot dalam  hal ini adalah Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad.

Diceritakan pula mengenai proses pembentukan Satuan Tugas GLS yang di SK-kan oleh Dirjen Dikdasmen, komposisi personelnya, dan tujuan pembentukannya—mengawal pelaksanaan GLS.

Selain itu, diungkap pula kegiatan diskusi terpumpun Penjenjangan Buku yang berjalan hingga lima kali, dimulai sejak akhir 2015 hingga awal 2017. Sistem Penjenjangan Buku kelak digunakan oleh seluruh pemangku kepentingan penerbitan buku di negeri ini seperti Pusat Kurikulum dan Perbukuan, penerbit, penulis, dan ilustrator.

Buku ini tidak dimaksudkan sebagai pedoman pelaksanaan GLS. Juga berupaya menghindari teori-teori akademis. Buku ini dibuat sebagai pendamping pelaksanaan GLS yang memberi penjelasan umum disertai contoh praktik baik pelaksanaan GLS di sekolah. Ditulis secara populer, buku ditujukan untuk guru, kepala sekolah, dinas pendidikan, dunia industri, pegiat literasi, dan anggota masyarakat yang ingin mengetahui seluk beluk GLS. Akademisi dan mahasiswa juga dapat memanfaatkannya sebagai pendukung penelitian karena buku ini mengungkapkan detail pelaksanaan kegiatan disertai tanggal peristiwa dan pelaku yang terlibat.

Saya melengkapi cakupan pembahasan GLS dengan mengangkat isu-isu yang memengaruhi GLS seperti kebijakan Pemerintah Daerah, peran orang tua, dan perbukuan. Saya berupaya menghadirkan data dan informasi komprehensif dengan mendahulukan hasil penelitian dan informasi terbaru di dalam tiap pembahasan.

Buku ini diluncurkan saat pelaksanaan Festival Literasi Sekolah yang diselenggarakan di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud Senayan Jakarta pada 27 – 29 Oktober 2017. Di panggung acara pembukaan, buku diserahkan bersama sejumlah buku lain oleh Ketua Satgas GLS Pangesti Wiedarti kepada Mendikbud Muhadjir Effendy, Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad, dan Ketua Gerakan Literasi Nasional Dadang Sunendar.

Unduh buku, klik di sini.