Sudah dibaca 127 kali

Saat kita mendengar kata kuburan, sudah pasti kita paham bahwa tempat tersebut adalah sebuah tempat pemakaman yang sakral dan menyeramkan. Membayangkan untuk mengunjungi kuburan seorang diri tentu akan menjadi momok tersendiri bagi beberapa orang. Namun ternyata ada beberapa kuburan cantik yang bisa juga kamu jadikan destinasi wisata lho! Tak hanya berkeliling melihat-lihat, kamu juga bisa sekalian belajar budaya sekitar saat mengunjungi kuburan tersebut.

Jika kamu mendapatkan promo untuk booking Lion Air, tak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke kuburan-kuburan cantik berikut ini deh…

Makam Imogiri

Makam Imogiri

                   Sumber: indonesia.biz.id

Makam Imogiri adalah tempat pemakaman raja-raja Mataram pada masa lampau. Di tempat ini kamu akan dibuat terkesima dengan nuansa makam yang sejuk dan menenangkan jiwa. Kamu juga akan disuguhkan silsilah raja dan sejarah kerajaan Mataram. Karena tempat ini dianggap begitu suci, kamu diwajibkan untuk memakai pakaian adat Jawa jika ingin memasukinya.

Pemakaman Kete Kesu Toraja

Kete Kesu Toraja

                  Sumber: IDN Times/Rosita A

Pemakaman ini sudah sangat popular di Indonesia, bahkan di dunia. Ada banyak tiket promo yang bisa kamu dapatkan, kamu bisa booking Lion Air contohnya. Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat prosesi pemakaman dengan adat yang bernama Rambu Solo saat menggunjungi makam ini.

Pemakaman Kete Kesu ini memiliki daya tarik karena masyarakat setempat menempatkan peti mati di tepi tebing. Peti mati yang disebut “Erong” ini berjajar dengan apik dan rapi tanpa ada yang berani menyentuhnya.

Baca juga : Menikmati Eksotisme dan Wisata Bahari di Pulau Tidung

Kuburan Batu Katembu

Batu Katembu

                  Sumber:kompas.com

Kali ini adalah kuburan yang sudah ada sejak berabad-abad silam yang ada di Pulau Kalimantan. Kuburan Batu Katembu ini adalah saksi di mana suku Dayak sudah menghuni pulau tersebut semenjak 400 tahun yang lalu. Pintu masuk ke kuburan yang sudah menjadi obyek wisata ini berupa gapura dengan ornamen khas Dayak Kenyah. Di kompleks pemakaman ini, kamu akan menemukan 5 makam penuh sejarah dengan tumpukan batu yang khas.

Kuburan Trunyan

Trunyan

                  Sumber:indonesiakaya.com

Jangan hanya wisata modern ya saat pergi ke Bali! Coba juga kunjungi kuburan Trunyan yang ada di daerah Kintamani. Di sini kita akan belajar bahwa tradisi pemakaman di Bali bukan hanya Ngaben, melainkan ada juga tradisi lainnya. Di Trunyan, mayat seseorang akan dibiarkan begitu saja di bawah pohon dan ditutupi bambu anyam. Yang unik adalah, jenazah tersebut tidak berbau sama sekali karena dinaungi oleh pohon Taru dan kemenyan yang ada di situ. Pohon ini konon hanya bisa tumbuh di desa tersebut dan tidak bisa tumbuh di tempat lain lho!

Karena pemakaman tetap tempat yang sakral meski sudah dijadikan tempat wisata, kamu juga harus tetap menjaga adab kesopanan saat mengunjunginya. Jangan foto sembarangan jika itu dilarang, dan juga jangan sampai mencoret-coret atau membuat kotor tempat tersebut! Agar tak kesulitan mencari tiket liburan, kamu bisa memanfaatkan dengan memesan  Lion Air di Traveloka.*