Sudah dibaca 662 kali

leaflet KPCI 2013

Pada Desember 2003 lahir sebuah serial  baru di DAR! Mizan bernama Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK). Buku pertama ditulis oleh Sri Izzati yang kala itu masih berusia 7 tahun, berjudul Kado untuk Ummi. Hanya berselang sebulan, terbitlah buku kumpulan puisi berjudul Untuk Bunda dan Dunia yang ditulis Abdurrachman Faiz, saat itu berusia 8 tahun.

KKPK adalah sebuah seri di DAR! Mizan (Kelompok Mizan) yang khusus menerbitkan buku-buku karya penulis cilik berusia di bawah 12 tahun. KKPK  dibentuk secara idealis untuk menampung karya generasi penerus bangsa; sebagai wadah berimajinasi bagi penulisnya dan sumber inspirasi bagi pembacanya. Seri ini juga dibuat dengan landasan dan orientasi untuk memberikan bacaan yang sesuai dan tepat bagi anak-anak yang ditulis oleh anak-anak juga.   Intinya dari penulis anak untuk pembaca dan (calon) penulis anak.

Pada 2003-2006 belum begitu banyak karya KKPK yang terbit. Penulisnya bisa dihitung dengan jari. Namun sejak Konferensi Penulis Cilik KKPK pada 2008 digelar, jumlah penulis dan pertumbuhan tulisan anak-anak usia 7-12 tahun semakin menjamur. Melalui Konferensi yang setiap tahun rutin digelar, para penulis KKPK terus bertambah. Hingga memasuki tahun ke-10, KKPK telah menerbitkan  300 judul buku dengan jumlah penulis lebih dari 200 anak.

Dari sisi demografi, penulis KKPK kini tersebar ke seluruh penjuru provinsi di Indonesia. Tidak lagi hanya di kota-kota besar d Pulau Jawa. Demikian halnya dengan penggemar seri KKPK. Saat ini yang tercatat di group Facebook mencapai lebih dari 83.000 anak, berasal di kota besar maupun kota kecil. Para penggemar KKPK di group Facebook ini terus dikelola dengan memberikan informasi-informasi produk, lomba  penulisan, quiz, dan sebagainya.

Beberapa judul buku KKPK juga sudah menembus pasar internasional, yakni Malaysia dan mendapat smabutan hangat dari anak-anak di negara tetangga itu.

Memasuki tahun ke-10, KKPK juga sudah mengembangkan serinya. Selain buku-buku KKPK regular berisi kumpulan cerita pendek, novel ataupun puisi, kini juga menerbitkan KKPK Komik, KKPK Lux Full color kumpulan cerpen hasil Lomba, dan selanjutnya buku cerita kisah nyata (Juice Me), traveling (Travela), serta kuliner (Cookidz).

Karya-karya penulis cilik ini sudah pula diadopsi ke layar televisi dalam sebuah tv serial. Dan kini, tengah proses menuju layar lebar.

Dan untuk menyambut 10 tahun KKPK, akan digelar aneka agenda untuk pembaca dan penulis KKPK. Untuk informasi lengkap dapat dilihat di Facebook Kecil-Kecil Punya Karya, website www.darmizan.com, juga twitter @kakapeka.

KPCI 2013

Seperti biasa, setiap tahun para penulis KKPK berkumpul dalam ajang Konferensi Penulis Cilik Indonesia (KPCI), juga tahun ini. Pesertanya bisa siapa saja, asalkan murid Sekolah dasar. baik yang sudah menerbitkan buku KKPK maupun masih mempersiapkan diri. Peserta yang lolos babak seleksi akan diundang ke Jakarta, mengikuti serangkaian acara.

 

Penulis: Benny Rhamdani

Sumber: kompasiana.com 

Peserta KPCI 2013, klik di sini.