Spread the love

Sudah dibaca 2341 kali

Rumah Kardus (2) ok

Punya barang bekas dan bingung memanfaatkannya adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan. Ketahuan sekali bahwa kita kurang kreatif. Padahal, pemanfaatan barang bekas menjadi produk berguna sudah lama menjadi tren dunia.

Maka, ketika kita punya barang bekas, cepatlah pikirkan akan dibuat apa. Atau, kalau belum ketemu ide, carilah referensi, misalnya dari laman internet.

Di rumah saya banyak terserak kardus bekas. Maklum, istri saya agen produk pakaian dan perlengkapan anak. Kardus-kardus dari ukuran kecil hingga besar kiriman produsen menumpuk di rumah. Bingung ingin membuat apa, saya yang jadi sasaran. Maksudnya, dia minta saya bikin rumah kardus seperti contoh di internet. Karena sayang istri dan anak, mau tak mau saya harus memenuhi keinginannya.

Jadilah Ahad (11/10/2015) lalu saya bergelut dengan kardus bekas. Sebelum mulai memermak kardus, saya membuka laman internet dan melihat tayangan youtube tentang pembuatan rumah kardus. Hm, untuk membuat rumah kardus yang bisa dimasuki anak, memerlukan kardus ukuran sangat besar. Saya tidak punya kardus ukuran itu. Akhirnya diputuskan rumah kardus yang akan dibuat tak bisa dimasuki orang. Cukup dimasuki gajah, beruang, dan harimau boneka.

Rumah Kardus (4) ok

Saya menggunakan satu kardus ukuran besar. Tiap sisi dipotong. Sisi bagian panjang dan lebar digunakan sebagai dinding samping kanan-kiri dan dinding depan-belakang rumah.

Buat pintu di sisi kardus bagian depan dan jendela di kanan-kiri dinding. Buat pola dengan pensil/pulpen lalu gunting.

Kemudian buat pola garis pada bagian kanan-kiri kedua sisi kardus dengan pensil/pulpen. Panjangnya sesuaikan. Lalu gunting.

Cocokkan garis yang digunting tadi dengan keempat sisi dinding. Setelah semuanya terangkai, kita dapat empat dinding rumah yang berpintu dan berjendela.

Agar lebih kuat, rekatkan keempat sambungan dinding dengan lem. Jangan gunakan lem kertas! Tidak kuat. Pakailah lem yang cukup kuat. Saya menggunakan lem aibon.

Rumah Kardus (5) ok

Sekarang kita buat atap. Rangkai dua bagian penutup kardus yang bagian panjangnya. Bentuk huruf L dan rekatkan dengan isolasi. Setelah terbentuk, rekatkan kedua sisi atap ke bagian kanan-kiri dinding samping. Rekatkan dengan isolasi. Selesai.

Tak terlalu sulit, bukan? Jadi, silakan buat rumah kardus sesuka Anda! Bahagiakan anak-anak Anda dengan mainan sederhana yang diambil dari barang bekas.